Flowers

Minggu, 10 Maret 2013

Naskah Drama SAHABAT SEJATI


SAHABAT SEJATINaskah Drama
           

Diceritakan empat anak remaja putri bernama Nadia,Rifka,Silvia,dan Yunita. Mereka ber empat sudah bersahabat begitu lama yaitu sejak mereka duduk di kelas VI SD hingga sekarang mereka duduk di Kelas XI SMA Negeri di kotanya.
            Saat ini mereka sedang berencana untuk menampilkan sebuah pentas seni yang akan dibawakannya pada saat Perpisahan Kelas XII.
ADEGAN 1
            Dirumah Silvia,empat remaja ini membicarakan tentang pentas seni yang akan mereka tampilkan saat perpisahan kelas XII.
Yunita             : “hay sobat..”
Rifka               :”hei.”
Yunita             :”ih.. Rifka cuek banget.kenapa kamu?”
Rifka               :”lagi galau,tau ah.. gelap”
Nadia               :” Galau kenapa? Cerita dong..?”
Silvia                 :”Helo... kita disini kan mau bicara buat pentas seni kenapa malah curhat-curhatan. Si... hem iyuh..”
Nadia               :”jangan egois gitu bisa nggak sih! :@ “
Silvia               :” nyindir gue?!”
Yunita             :” hey hey... kok malah ribut sih udahlah gak penting dibahas juga..”
Rifka               :”Maaf.. aku kayaknya bikin repot disini mending aku pulang saja...”
            ( Rifka berlari ke pintu keluar rumah dan langsung pergi ke motornya)
Yunita             :” Rifka...” (teriak)
ADEGAN 2
Setelah perdebatan tadi,suasana hening disertai kepergian Rifka.Nadia mulai emosi karena kelakuan Silvia.
Yunita             :“ Terus gimana ini?”
Silvia               :”terserahlah..”
Nadia               :”aku pulang.”
ADEGAN 3
Sambil melempar kertas yang tadi nadia pegang,dia menarik tas yang diduduki Silvia dengan keras. Dia pergi dengan langkah yang keras menuju pintu keluar membuktikan begitu emosinya Nadia kepada Silvia.
            Tinggal Yunita dan Silvia yang berada di ruang tamuRumah Silvia.
Yunita             :”hati-hati Nad...”
Silvia               :” yang jauh yang..( senyum remeh) “
Yunita             :”jangan gitu ah sil.. “
Silvia               :”Kenapa? Kamu mau ikut pergi juga?”
Yunita             :”gak,kamu kenapa sih? Kok jadikayak gini.. ahncur... hancur persahabatan kita. Gara-gara..”
Silvia               :”gara-gara apa? Aku?! Bilang Aku?!.. memang aku kan? Aku tau itu...”
Yunita             :”Kenapa kamu bilang begitu? Aku gak bilang gara-gara kamu kok.hanya saja mungkin kita semua masih egois..”
Silvia               :”Aku yang masih paling egois kan? Mungkin karena itu kalian gak pernah ndengerin pendapatku. Kalian selalu mojokin aku.. Iya kan? Aku tahu,,..”
            ( silvia  mulai meneteskan air matanya )
Yunita             :”Kok nangis? Kamu salah kita gak gitu..”
Silvia               :“Ya bagi kamu,yang lain?”
Yunita             :”Begitu juga yang lain .. Silvia..”
Silvia               :”Aku tak Percaya.. udahlah..”
ADEGAN  4
            Silvia berlari kekamarnya sambil menangis, dia meninggalkan Yunita di ruang tamu.mamah Silvia melihat kejadian iu kemudian Mamah Silvia menemui Yunita yang duduk sendiri de ruang tamu.
Mamah Silvia  :” Hey... sayang..”
Yunita             :” hem.. Iya tante J
Mamah Silvia  :” Silvia kenapa? Kok lari ke kamarnya?”
Yunita             :”gatau tante.. yaudah mungkn silvia udah capek mau istirahat . Yunita pulang dulu saja... duluan tante..”
Mamah Silvia  :” Iya.. hati-hati ya sayang..”
ADEGAN 5
            Diwaktu yang sama ternyata nadia pergi kerumah Rifka . Dikamar Rifka mereka berdua ditemani dua cangkir kopi dan sepiring makanan ringan ,mereka tampak santai.
Rifka               :”Kenapa kok malah kesini nad?”
Nadia              :” Aku sebel sama Silvia .. dia egois banget ,emosi banget deh... huh!”
Rifka               :“udahlah.. gak enak bicarain orang lain dibelakang..”
Nadia              :”Kamu kok kenapa sih? Lah tadi kamu kok pulang-pulang seenaknya..”
Rifka               :”Aku ngrasa ngrepotin kalian ,Silvia tadi benar tapi perkataannya masuk banget di hati.. Memang aku salah..itu bukan tempatnya aku buat galau. Maaf yah.. la langsung nyodor pulang..”
Nadia              :”Yaudah.. tapi pokoknya aku sebel sama silvia.. lagian kenapa sih? Kok galau?”
Rifka               :”tahu sendirilah..”
Nadia              :” Aldo?”
Rifka               :”hem.. dia sekarang jutek pake banget .Aku sebel nih..”
Nadia              :”kenapa emang? Dia kan panitia pensi kan?”
Rifka               :”masa aku sms gak pernah di bales,bahkan status status nya di facebook dia gak pernah tentang aku, selalu tentang pensi-nya ieu.. padahal semua status facebookkku tentang dia.. u,u”
Nadia              :”udahlah.. saling percaya saja.. hembesok tak anterin kamu ke aldo yah? Sekalian tanya-tanya tentang pensi perpisahan kelas XII..”
Rifka               :”Oke.. makasih ya.. besok kita minta maaf juga sama Silvia J
Nadia              :” aku fikir dirumah...” (jutek,masih marah)
ADEGAN  6
            Keesokkan harinya, empat remaja tersebut dengan kesadaran diri mereka semua berkumpul ditempat kesukaan mereka yaitu kantin sekolah.
Rifka               :” yehh.. semua dateng yah absen dulu ah.. Silvia?Nadia?Yunita?Lengkap! yeh...”
Yunita             :”udahh gak galau nih.. ciye rifka...”
Nadia              :”Sil,aku minta maaf buat yang kemarin ternyata yang egois bukan hanya kamu tapi aku juga.. aku minta maaf, di maafin? “
                        (nadia menyulurkan tangannya)
Rifka               :”Aku juga,keluar rumahmu tanpa pamit.. maaf yah”
Silvia               :”Tadinya aku fikir,aku ang paling egois.. aku juga salah.. aku minta maaf..”
Yunita             :” semua minta maaf, dan semuanya juga memaafkan.. artinya kita semua sudah berteman lagi... hehehehehe :-D “
Nadia              :” Thanks ya yun, kamu memang yang paling sabar menghadapi kita J
Silvia               :” aku juga maaf sama kamu yun.. kemarin tak tinggal .. hahahaha :-D “
Yunita             :” sama-sama J
Silvia               :” kamu Rif.. jangan galau lagi yah..”
Nadia              :” Kalian tahu? Dia galau karena rindu sama aldo.. lihat aldo gak? Yuk kita samperin ? “
ADEGAN 7
            Tampak dari kejahuan ada sosok yang ditunggu,dia adalah aldo. Dia mendekati para gadis ini untuk menemui sang pujaan hati.
Aldo                :” Hey.. teman teman.. dan Hey cinta..”
Nadia,Silvia,Yunita:” eciye.... ciye..”
Rifka               :”  ih..!”
Silvia               :” sobat, kita capcus yuk?”
Nadia              :” Yuk.. yok Yun..”
Aldo    :” mau kemana?”
Yunita             :” ke tempat duduk sebe lah.. karena ini khusus buat pangeran dan putrinya.. hehehe :-D ya kan sobat..?”
Nadia              :” Pasti!”
ADEGAN 8
            Nadia,Yunita,Silvia beranjak ke kursi sebelah meninggalkan Rifka dan Aldo.
Aldo                :” Dari tadi kok diem? Kenapa? “
Rifka               :” gapapa, kepo banget...!”
Aldo                :” cuek banget? “
Rifka               :” yang cuek kan kamu..”
Aldo                :” marah yah?”
Rifka               :” tanya aja sendiri, dari kemarin di sms gak bales :-( “
Aldo                :” Jangan sebel dong .. nanti gak cantik lagi.. kamu kan tahu aku lagi sibuk buat perpisahan kelas XII.. kangen yah sama aku?”
Rifka               :” hehehehe :-D ssok tahu :-P “
Aldo                :” nah gitu dong.. senyum, kan enak lihatnya manis gitu.. hehehehe ”
Rifka               :” Gombal! :-0”
Aldo                :” hih.. beneran.. “
Rifka               :” oh..”
Aldo                :” Gimana teman-temanmu katanya mau tampil Pensi Perpisahan?”
Rifka               :” gak tau,nanti tanya sendiri..”
ADEGAN 8
            Lama berbincang-bincang,Rifka dan Aldo menghampiri ketiga sahabat nya yang tak jauh dari tempat duduk mereka.
Silvia               :”Selamat datang Pangeran..”
Rifka               :”masa aku Pangeran?”
Aldo                :”maksudnya aku mungkin.. jangan cemburu yah? “
Rifka               :” yehh pede banget.. gak lah..”
Nadia              :” he em (batuk sengaja)”
Aldo                :” oh ya, teman-teman jadi gak ikut pentas seni buat perpisahan kelas XII apa gak?”
Yunita             :” jadi dong J
Silvia               :” tapi kitakan belom apa-apa?”
Nadia              :” udah deh.. jadi do.. kita tampil J
Aldo                :” okedeh.. Semangat yah !”
Silvia               :”tapi..”
Rifka               :” udah.. kita pokoke tampil, makasih aldo J
Aldo                :” sama-sama cinta , aldo ke kantor dulu yak? Mau ketemu wakasek J
Rifka               :” Iya,hati-hati yah..”
ADEGAN 9
            Silvia nampak bingung karena ketiga sahabatnya tetep optimis untuk tampil padahal mereka belom pernah membahasnya dan silvia juga tidak tahu mereka mau tampil apa. Tapi disisi lain hati bunga  mulai berbunga-bunga seakan terbang menembus langit yang paling atas.
Silvia            :” hey.. beneran kita jadi ikut?”
Yunita          :”Iya jadilah..”
Rifka            :”jadi banget,kan ada cinta aldoku :-D”
Nadia            :”gini nih virus orang yang habis ketemu pacarnya ..”
Rifka            :” hemm, syirik aja kamu :-P “
Silvia            :”heh.. kok malah ribut,emang kita mau nampilin apa?”
Rifka            :”loh?kamu gak tau.. itukan idemu..”
Silvia            :”ideku yang mana? “
Yunita          :”kita nanti menampilkan Girls Religion Dance sesuai idemu yang tercantum di status facebookmu..kita kan udah bilang .. kita gak pernah mojokin kamu .Kita care,peduli sama kamu..”
Nadia            :” Yes! Kita Girls Religio Dance itu ide dari silvia pramesti.karena  itu idenya jadi dia yang tahu dan yang mengerti.. monggoh sil..”
Silvia            :”Aku kaget..ternyata kalian benar peduli denganku .selama ini aku udah salah mengerti tentang persahabatan kita.kalian sahabat terbaikku.”
Rifka            :”No Thanks.. memang inilah sebuah persahabatan..”
Nadia            :”harus saling mengerti..”
Yunita          :”saling Memahami..”
Rifka            :”Saling menyayangi..”
Silvia            :”Dan akhirnya ..kita sahabat sejati J
            Akhirnya mereka akan menampilkan sebuah pentas seni yang berjudul “Girls Religion Dance” dan mereka menemukan arti persahabatan yang sesungguhnya yaitu saling mengerti,memahami,menyayangi dan Itulah sahabat Sejati.

KARYA  :                             
  • UQOH WIJIATI
  • KASHARI PERDATA KP.
  • M. KHOERUR RIJAL                  
 KELAS XI IPA 1            
SMA NEGERI 3 PEMALANG    
 


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar