Flowers

Sabtu, 29 Januari 2011

Apakah Manusia Purba Benar-benar Ada?

Banyak ahli arkeolog terus meneliti keberadaan manusia purba. Berdasarkan hasil penemuan mereka, makhluk ( hewan dan manusia) purba benar-benar ada. Banyak bukti yang mereka temukan, diantaranya tengkorak dan tulang manusia purba yang sudah menjadi batu/fosil.Tugas para arkeolog adalah mencari, meneliti, dan melaporkan dalam sebuah karya ilmiah. Penelitian tentang keberadaan manusia purba sudah dilakukan bertahun-tahun lamanya. Tentu dengan hasil temuan yang dapat dibuktikan secara ilmiah akan lebih meyakinkan akan keberadaan manusia purba. Namun semua itu kembali kepada diri anda, Apakah manusia purba benar-benar ada?

Baru-baru ini muncul dugaan baru bahwa manusia purba lebih mahir dari anggapan banyak ahli. Seperti dilansir dari kompas.com tanggal 13 Agustus 2010, Manusia purba Australopithecus afarensis, spesies yang diduga nenek moyang manusia modern ternyata juga pemakan daging serta mahir menyembelih dan memotong binatang dengan "pisau" atau alat potong dari batu.

Jurnal Nature, Kamis (12/8/2010), menyebutkan, bukti-bukti ini terlihat pada bekas potongan, guratan, atau goresan benda tajam pada dua tulang binatang purba Etiopia berusia sekitar 3,4 juta tahun dan ditemukan serpihan batu. Pernah juga ditemukan alat potong dari batu di Gona, Etiopia, yang berusia 2,5 juta tahun.

Hasil ini mengundang kontroversi di kalangan peneliti dan arkeolog karena selama ini tidak ada alat potong dari batu yang ditemukan bersama fosil manusia purba tersebut. Dugaan selama ini adalah bahwa mereka sekadar menggunakan batu-batuan yang ada di sekitar mereka.

FOSIL Manusia pURBa

Secara umum penemuan fosil manusia dari jaman ke zaman terbagi atas tiga kelompok, yaitu manusia kera, manusia purba dan manusia modern.

Yang perlu diingat adalah bahwa teori ini hanya dugaan dan tidak terbukti kebenarannya karena teori evolusi telah runtuh. Fosil manusia lama yang ditemukan bisa saja bukan fosil manusia atau manusia yang memiliki bentuk ciri tubuh yang unik, atau bahkan hasil rekayasa.

A. Manusia Kera dari Afrika Selatan

1. Australopithecus Africanus
Australopithecus africanus ditemukan di desa Taung di sekitar Bechunaland ditemukan oleh Raymond Dart tahun 1924. Bagian tubuh yang ditemukan hanya fosil tengkorak kepala saja.

2. Paranthropus Robustus dan Paranthropus Transvaalensis
Dua penemuan tersebut ditemukan di daerah Amerika Selatan dengan ciri isi volume otak sekitar 600 cm kubik, hidup di lingkungan terbuka, serta memiliki tinggi badan kurang lebih 1,5 meter. Kedua fosil menusia kera tersebut disebut australopithecus.

B. Manusia Purba / Homo Erectus



1. Sinanthropus Pekinensis
Sinanthropus pekinensis adalah manusia purba yang fosilnya ditemukan di gua naga daerah Peking negara Cina oleh Davidson Black dan Franz Weidenreich. Sinanthropus pekinensis dianggap bagian dari kelompok pithecanthropus karena memiliki ciri tubuh atau badan yang mirip serta hidup di era zaman yang bersamaan. Sinanthropus pekinensis memiliki volume isi otak sekitar kurang lebih 900 sampai 1200 cm kubik.

2. Meganthropus Palaeojavanicus / Manusia Raksasa Jawa
Meganthropus palaeojavanicus ditemukan di Sangiran di pulau jawa oleh Von Koningswald pada tahun 1939 - 1941.

3. Manusia Heidelberg
Manusia heidelberg ditemukan di Jerman

4. Pithecanthropus Erectus
Pithecanthropus erectus adalah manusia purba yang pertama kali fosil telang belulang ditemukan di Trinil Jawa Tengah pada tahun 1891 oleh Eugene Dubois. Pithecanthropus erectus hidup di jaman pleistosin atau kira-kira 300.000 hingga 500.000 tahun yang lalu. Volume otak Pithecanthropus erectus diperkirakan sekitar 770 - 1000 cm kubik. Bagian tulang-belulang fosil manusia purba yang ditemukan tersebut adalah tulang rahang, beberapa gigi, serta sebagian tulang tengkorak.

C. Manusia Modern
Pengertian atau arti definisi manusia modern adalah manusia yang termasuk ke dalam spesies homo sapiens dengan isi volum otak kira-kira 1450 cm kubik hidup sekitar 15.000 hingga 150.000 tahun yang lalu. Manusia modern disebut modern karena hampir mirip atau menyerupai manusia yang ada pada saat ini atau sekarang.

1. Manusia Swanscombe - Berasal dari Inggris

2. Manusia Neandertal - Ditemukan di lembah Neander

3. Manusia Cro-Magnon / Cromagnon / Crogmanon - Ditemukan di gua Cro-Magnon, Lascaux Prancis. Dicurigai sebagai campuran antara manusia Neandertal dengan manusia Gunung Carmel.

4. Manusia Shanidar - Fosil dijumpai di Negara Irak

5. Manusia Gunung Carmel - Ditemukan di gua-gua Tabun serta Skhul Palestina

6. Manusia Steinheim - Berasal dari Jerman

Senin, 24 Januari 2011

JiLBaB

Banyak kesalahpahaman terhadap Islam di tengah masyarakat. Misalnya saja jilbab. Tak sedikit orang menyangka bahwa yang dimaksud dengan jilbab adalah kerudung. Padahal tidak demikian. Jilbab bukan kerudung. Kerudung dalam Al Qur`an surah An Nuur : 31 disebut dengan istilah khimar (jamaknya : khumur), bukan jilbab. Adapun jilbab yang terdapat dalam surah Al Ahzab : 59, sebenarnya adalah baju longgar yang menutupi seluruh tubuh perempuan dari atas sampai bawah.

Kesalahpahaman lain yang sering dijumpai adalah anggapan bahwa busana muslimah itu yang penting sudah menutup aurat, sedang mode baju apakah terusan atau potongan, atau memakai celana panjang, dianggap bukan masalah. Dianggap, model potongan atau bercelana panjang jeans oke-oke saja, yang penting ‘kan sudah menutup aurat. Kalau sudah menutup aurat, dianggap sudah berbusana muslimah secara sempurna. Padahal tidak begitu. Islam telah menetapkan syarat-syarat bagi busana muslimah dalam kehidupan umum, seperti yang ditunjukkan oleh nash-nash Al Qur`an dan As Sunnah. Menutup aurat itu hanya salah satu syarat, bukan satu-satunya syarat busana dalam kehidupan umum. Syarat lainnya misalnya busana muslimah tidak boleh menggunakan bahan tekstil yang transparan atau mencetak lekuk tubuh perempuan. Dengan demikian, walaupun menutup aurat tapi kalau mencetak tubuh alias ketat –atau menggunakan bahan tekstil yang transparan– tetap belum dianggap busana muslimah yang sempurna.

Karena itu, kesalahpahaman semacam itu perlu diluruskan, agar kita dapat kembali kepada ajaran Islam secara murni serta bebas dari pengaruh lingkungan, pergaulan, atau adat-istiadat rusak di tengah masyarakat sekuler sekarang. Memang, jika kita konsisten dengan Islam, terkadang terasa amat berat. Misalnya saja memakai jilbab (dalam arti yang sesungguhnya). Di tengah maraknya berbagai mode busana wanita yang diiklankan trendi dan up to date, jilbab secara kontras jelas akan kelihatan ortodoks, kaku, dan kurang trendi (dan tentu, tidak seksi). Padahal, busana jilbab itulah pakaian yang benar bagi muslimah.

Di sinilah kaum muslimah diuji. Diuji imannya, diuji taqwanya. Di sini dia harus memilih, apakah dia akan tetap teguh mentaati ketentuan Allah dan Rasul-Nya, seraya menanggung perasaan berat hati namun berada dalam keridhaan Allah, atau rela terseret oleh bujukan hawa nafsu atau rayuan syaitan terlaknat untuk mengenakan mode-mode liar yang dipropagandakan kaum kafir dengan tujuan agar kaum muslimah terjerumus ke dalam limbah dosa dan kesesatan.

Berkaitan dengan itu, Nabi SAW pernah bersabda bahwa akan tiba suatu masa di mana Islam akan menjadi sesuatu yang asing –termasuk busana jilbab– sebagaimana awal kedatangan Islam. Dalam keadaan seperti itu, kita tidak boleh larut. Harus tetap bersabar, dan memegang Islam dengan teguh, walaupun berat seperti memegang bara api. Dan in sya-allah, dalam kondisi yang rusak dan bejat seperti ini, mereka yang tetap taat akan mendapat pahala yang berlipat ganda. Bahkan dengan pahala lima puluh kali lipat daripada pahala para shahabat. Sabda Nabi SAW :

“Islam bermula dalam keadaan asing. Dan ia akan kembali menjadi sesuatu yang asing. Maka beruntunglah orang-orang yang terasing itu.” (HR. Muslim no. 145)

“Sesungguhnya di belakang kalian ada hari-hari yang memerlukan kesabaran. Kesabaran pada masa-masa itu bagaikan memegang bara api. Bagi orang yang mengerjakan suatu amalan pada saat itu akan mendapatkan pahala lima puluh orang yang mengerjakan semisal amalan itu. Ada yang berkata,’Hai Rasululah, apakah itu pahala lima puluh di antara mereka ?” Rasululah SAW menjawab,”Bahkan lima puluh orang di antara kalian (para shahabat).” (HR. Abu Dawud, dengan sanad hasan)
2. Aurat dan Busana Muslimah

Ada 3 (tiga) masalah yang sering dicampuradukkan yang sebenarnya merupakan masalah-masalah yang berbeda-beda.

Pertama, masalah batasan aurat bagi wanita.

dua, busana muslimah dalam kehidupan khusus (al hayah al khashshash), yaitu tempat-tempat di mana wanita hidup bersama mahram atau sesama wanita, seperti rumah-rumah pribadi, atau tempat kost.

Ketiga, busana muslimah dalam kehidupan umum (al hayah ‘ammah), yaitu tempat-tempat di mana wanita berinteraksi dengan anggota masyarakat lain secara umum, seperti di jalan-jalan, sekolah, pasar, kampus, dan sebagainya. Busana wanita muslimah dalam kehidupan umum ini terdiri dari jilbab dan khimar.

a. Batasan Aurat Wanita

Aurat wanita adalah seluruh anggota tubuhnya kecuali wajah dan dua telapak tangannya. Lehernya adalah aurat, rambutnya juga aurat bagi orang yang bukan mahram, meskipun cuma selembar. Seluruh tubuh kecuali wajah dan dua telapak tangan adalah aurat yang wajib ditutup. Hal ini berlandaskan firman Allah SWT :

‘Dan janganlah mereka menampakkan perhiasannya, kecuali yang (biasa) nampak dari padanya.’ (QS An Nuur : 31)

Yang dimaksud “wa laa yubdiina ziinatahunna” (janganlah mereka menampakkan perhiasannya), adalah “wa laa yubdiina mahalla ziinatahinna” (janganlah mereka menampakkan tempat-tempat (anggota tubuh) yang di situ dikenakan perhiasan). (Lihat Abu Bakar Al-Jashshash, Ahkamul Qur`an, Juz III hal. 316).

Selanjutnya, “illa maa zhahara minha” (kecuali yang (biasa) nampak dari padanya). Jadi ada anggota tubuh yang boleh ditampakkan. Anggota tubuh tersebut, adalah wajah dan dua telapak tangan. Demikianlah pendapat sebagian shahabat, seperti ‘Aisyah, Ibnu Abbas, dan Ibnu Umar (Al-Albani, 2001 : 66). Ibnu Jarir Ath-Thabari (w. 310 H) berkata dalam kitab tafsirnya Jami’ Al-Bayan fi Tafsir Al-Qur`an Juz XVIII hal. 84, mengenai apa yang dimaksud dengan “kecuali yang (biasa) nampak dari padanya” (illaa maa zhahara minha) : “Pendapat yang paling mendekati kebenaran adalah yang mengatakan,’Yang dimaksudkan adalah wajah dan dua telapak tangan.” Pendapat yang sama juga dinyatakan Imam Al-Qurthubi dalam kitab tafsirnya Al-Jami’ li Ahkam Al-Qur`an, Juz XII hal. 229 (Al-Albani, 2001 : 50 & 57).

Jadi, yang dimaksud dengan apa yang nampak dari padanya adalah wajah dan dua telapak tangan. Sebab kedua anggota tubuh inilah yang biasa nampak dari kalangan muslimah di hadapan Nabi SAW sedangkan beliau mendiamkannya. Kedua anggota tubuh ini pula yang nampak dalam ibadah-ibadah seperti haji dan shalat. Kedua anggota tubuh ini biasa terlihat di masa Rasulullah SAW, yaitu di masa masih turunnya ayat Al Qur`an (An-Nabhani, 1990 : 45). Di samping itu terdapat alasan lain yang menunjukkan bahwasanya seluruh tubuh wanita adalah aurat kecuali wajah dan dua telapak tangan karena sabda Rasulullah SAW kepada Asma` binti Abu Bakar :

‘Wahai Asma` sesungguhnya seorang wanita itu apabila telah baligh (haidl) maka tidak boleh baginya menampakkan tubuhnya kecuali ini dan ini, seraya menunjukkan wajah dan telapak tangannya.’ (HR. Abu Dawud)

Inilah dalil-dalil yang menunjukkan dengan jelas bahwasanya seluruh tubuh wanita itu adalah aurat, kecuali wajah dan dua telapak tangannya. Maka diwajibkan atas wanita untuk menutupi auratnya, yaitu menutupi seluruh tubuhnya kecuali wajah dan telapak tangannya.

b. Busana Muslimah dalam Kehidupan Khusus

Adapun dengan apa seorang muslimah menutupi aurat tersebut, maka di sini syara’ tidak menentukan bentuk/model pakaian tertentu untuk menutupi aurat, akan tetapi membiarkan secara mutlak tanpa menentukannya dan cukup dengan mencantumkan lafadz dalam firman-Nya (QS An Nuur : 31) “wa laa yubdiina” (Dan janganlah mereka menampakkan) atau sabda Nabi SAW “lam yashluh an yura minha” (tidak boleh baginya menampakkan tubuhnya) (HR. Abu Dawud). Jadi, pakaian yang menutupi seluruh auratnya kecuali wajah dan telapak tangan dianggap sudah menutupi, walau bagaimana pun bentuknya. Dengan mengenakan daster atau kain yang panjang juga dapat menutupi, begitu pula celana panjang, rok, dan kaos juga dapat menutupinya. Sebab bentuk dan jenis pakaian tidak ditentukan oleh syara’.

Berdasarkan hal ini maka setiap bentuk dan jenis pakaian yang dapat menutupi aurat, yaitu yang tidak menampakkan aurat dianggap sebagai penutup bagi aurat secara syar’i, tanpa melihat lagi bentuk, jenis, maupun macamnya.

Namun demikian syara’ telah mensyaratkan dalam berpakaian agar pakaian yang dikenakan dapat menutupi kulit. Jadi pakaian harus dapat menutupi kulit sehingga warna kulitnya tidak diketahui. Jika tidak demikian, maka dianggap tidak menutupi aurat. Oleh karena itu apabila kain penutup itu tipis/transparan sehingga nampak warna kulitnya dan dapat diketahui apakah kulitnya berwarna merah atau coklat, maka kain penutup seperti ini tidak boleh dijadikan penutup aurat.

Mengenai dalil bahwasanya syara’ telah mewajibkan menutupi kulit sehingga tidak diketahui warnanya, adalah hadits yang diriwayatkan dari Aisyah RA bahwasanya Asma` binti Abubakar telah masuk ke ruangan Nabi SAW dengan berpakaian tipis/transparan, lalu Rasulullah SAW berpaling seraya bersabda :

‘Wahai Asma` sesungguhnya seorang wanita itu apabila telah baligh (haidl) tidak boleh baginya untuk menampakkan tubuhnya kecuali ini dan ini.’ (HR. Abu Dawud)

Jadi Rasulullah SAW menganggap kain yang tipis itu tidak menutupi aurat, malah dianggap menyingkapkan aurat. Oleh karena itu lalu Nabi SAW berpaling seraya memerintahkannya menutupi auratnya, yaitu mengenakan pakaian yang dapat menutupi.

Dalil lainnya juga terdapat dalam hadits riwayat Usamah bin Zaid, bahwasanya ia ditanyai oleh Nabi SAW tentang Qibtiyah (baju tipis) yang telah diberikan Nabi SAW kepada Usamah. Lalu dijawab oleh Usamah bahwasanya ia telah memberikan pakaian itu kepada isterinya, maka Rasulullah SAW bersabda kepadanya :

‘Suruhlah isterimu mengenakan baju dalam di balik kain Qibtiyah itu, karena sesungguhnya aku khawatir kalau-kalau nampak lekuk tubuhnya.’(HR. Ahmad dan Al-Baihaqi, dengan sanad hasan. Dikeluarkan oleh Adh-Dhiya’ dalam kitab Al-Ahadits Al-Mukhtarah, Juz I hal. 441) (Al-Albani, 2001 : 135).

Qibtiyah adalah sehelai kain tipis. Oleh karena itu tatkala Rasulullah SAW mengetahui bahwasanya Usamah memberikannya kepada isterinya, beliau memerintahkan agar dipakai di bagian dalam kain supaya tidak kelihatan warna kulitnya dilihat dari balik kain tipis itu, sehingga beliau bersabda : ‘Suruhlah isterimu mengenakan baju dalam di balik kain Qibtiyah itu.’

Dengan demikian kedua hadits ini merupakan petunjuk yang sangat jelas bahwasanya syara’ telah mensyaratkan apa yang harus ditutup, yaitu kain yang dapat menutupi kulit. Atas dasar inilah maka diwajibkan bagi wanita untuk menutupi auratnya dengan pakaian yang tidak tipis sedemikian sehingga tidak tergambar apa yang ada di baliknya.

c. Busana Muslimah dalam Kehidupan Umum

Pembahasan poin b di atas adalah topik mengenai penutupan aurat wanita dalam kehidupan khusus. Topik ini tidak dapat dicampuradukkan dengan pakaian wanita dalam kehidupan umum, dan tidak dapat pula dicampuradukkan dengan masalah tabarruj pada sebagian pakaian-pakaian wanita.

Jadi, jika seorang wanita telah mengenakan pakaian yang menutupi aurat, tidak berarti lantas dia dibolehkan mengenakan pakaian itu dalam kehidupan umum, seperti di jalanan umum, atau di sekolah, pasar, kampus, kantor, dan sebagainya. Mengapa ? Sebab untuk kehidupan umum terdapat pakaian tertentu yang telah ditetapkan oleh syara’. Jadi dalam kehidupan umum tidaklah cukup hanya dengan menutupi aurat, seperti misalnya celana panjang, atau baju potongan, yang sebenarnya tidak boleh dikenakan di jalanan umum meskipun dengan mengenakan itu sudah dapat menutupi aurat.

Seorang wanita yang mengenakan celana panjang atau baju potongan memang dapat menutupi aurat. Namun tidak berarti kemudian pakaian itu boleh dipakai di hadapan laki-laki yang bukan mahram, karena dengan pakaian itu ia telah menampakkan keindahan tubuhnya (tabarruj). Tabarruj adalah, menempakkan perhiasan dan keindahan tubuh bagi laki-laki asing/non-mahram (izh-haruz ziinah wal mahasin lil ajaanib) (An-Nabhani, 1990 : 104). Oleh karena itu walaupun ia telah menutupi auratnya, akan tetapi ia telah bertabarruj, sedangkan tabarruj dilarang oleh syara’.

Pakaian wanita dalam kehidupan umum ada 2 (dua), yaitu baju bawah (libas asfal) yang disebut dengan jilbab, dan baju atas (libas a’la) yaitu khimar (kerudung). Dengan dua pakaian inilah seorang wanita boleh berada dalam kehidupan umum, seperti di kampus, supermarket, jalanan umum, kebun binatang, atau di pasar-pasar.

Apakah pengertian jilbab ? Dalam kitab Al Mu’jam Al Wasith karya Dr. Ibrahim Anis (Kairo : Darul Maarif) halaman 128, jilbab diartikan sebagai “Ats tsaubul musytamil ‘alal jasadi kullihi” (pakaian yang menutupi seluruh tubuh), atau “Ma yulbasu fauqa ats tsiyab kal milhafah” (pakaian luar yang dikenakan di atas pakaian rumah, seperti milhafah (baju terusan), atau “Al Mula`ah tasytamilu biha al mar`ah” (pakaian luar yang digunakan untuk menutupi seluruh tubuh wanita).

Jadi jelaslah, bahwa yang diwajibkan atas wanita adalah mengenakan kain terusan (dari kepala sampai bawah) (Arab : milhafah/mula`ah) yang dikenakan sebagai pakaian luar (di bawahnya masih ada pakaian rumah, seperti daster, tidak langsung pakaian dalam) lalu diulurkan ke bawah hingga menutupi kedua kakinya.

Untuk baju atas, disyariatkan khimar, yaitu kerudung atau apa saja yang serupa dengannya yang berfungsi menutupi seluruh kepala, leher, dan lubang baju di dada. Pakaian jenis ini harus dikenakan jika hendak keluar menuju pasar-pasar atau berjalan melalui jalanan umum (An-Nabhani, 1990 : 48).

Apabila ia telah mengenakan kedua jenis pakaian ini (jilbab dan khimar) dibolehkan baginya keluar dari rumahnya menuju pasar atau berjalan melalui jalanan umum, yaitu menuju kehidupan umum. Akan tetapi jika ia tidak mengenakan kedua jenis pakaian ini maka dia tidak boleh keluar dalam keadaan apa pun, sebab perintah yang menyangkut kedua jenis pakaian ini datang dalam bentuk yang umum, dan tetap dalam keumumannya dalam seluruh keadaan, karena tidak ada dalil yang mengkhususkannya.

Dalil mengenai wajibnya mengenakan dua jenis pakaian ini, karena firman Allah SWT mengenai pakaian bagian bagian atas (khimar/kerudung) :

‘Hendaklah mereka menutupkan kain kerudung ke dadanya, dan janganlah menampakkan perhiasannya, kecuali yang (biasa) nampak dari padanya.’ (QS An Nuur : 31)

Dan karena firman Allah SWT mengenai pakaian bagian bawah (jilbab) :

‘Wahai Nabi katakanlah kepada isteri-isterimu, anak-anak perempuanmu dan isteri-isteri orang mu’min: ‘Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya.’ (QS Al Ahzab : 59)

Adapun dalil bahwa jilbab merupakan pakaian dalam kehidupan umum, adalah hadits yang diriwayatkan dari Ummu ‘Athiah RA, bahwa dia berkata :

‘Rasulullah SAW memerintahkan kaum wanita agar keluar rumah menuju shalat Ied, maka Ummu ‘Athiyah berkata,’Salah seorang di antara kami tidak memiliki jilbab?” Maka Rasulullah SAW menjawab: ‘Hendaklah saudarinya meminjamkan jilbabnya kepadanya!’(Muttafaqun ‘alaihi) (Al-Albani, 2001 : 82).

Berkaitan dengan hadits Ummu ‘Athiyah ini, Syaikh Anwar Al-Kasymiri, dalam kitabnya Faidhul Bari, Juz I hal. 388, mengatakan : “Dapatlah dimengerti dari hadits ini, bahwa jilbab itu dituntut manakala seorang wanita keluar rumah, dan ia tidak boleh keluar [rumah] jika tidak mengenakan jilbab.” (Al-Albani, 2001 : 93).

Dalil-dalil di atas tadi menjelaskan adanya suatu petunjuk mengenai pakaian wanita dalam kehidupan umum. Allah SWT telah menyebutkan sifat pakaian ini dalam dua ayat di atas yang telah diwajibkan atas wanita agar dikenakan dalam kehidupan umum dengan perincian yang lengkap dan menyeluruh. Kewajiban ini dipertegas lagi dalam hadits dari Ummu ‘Athiah RA di atas, yakni kalau seorang wanita tak punya jilbab –untuk keluar di lapangan sholat Ied (kehidupan umum)—maka dia harus meminjam kepada saudaranya (sesama muslim). Kalau tidak wajib, niscaya Nabi SAW tidak akan memerintahkan wanita mencari pinjaman jilbab.

Untuk jilbab, disyaratkan tidak boleh potongan, tetapi harus terulur sampai ke bawah sampai menutup kedua kaki, sebab Allah SWT mengatakan : “yudniina ‘alaihinna min jalabibihinna” (Hendaklah mereka mengulurkan jilbab-jilbab mereka.).

Dalam ayat tersebut terdapat kata “yudniina” yang artinya adalah yurkhiina ila asfal (mengulurkan sampai ke bawah/kedua kaki). Penafsiran ini –yaitu idnaa` berarti irkhaa` ila asfal– diperkuat dengan dengan hadits Ibnu Umar bahwa dia berkata, Rasulullah SAW telah bersabda :

“Barang siapa yang melabuhkan/menghela bajunya karena sombong, maka Allah tidak akan melihatnya pada Hari Kiamat nanti.’ Lalu Ummu Salamah berkata,’Lalu apa yang harus diperbuat wanita dengan ujung-ujung pakaian mereka (bi dzuyulihinna).” Nabi SAW menjawab,’Hendaklah mereka mengulurkannya (yurkhiina) sejengkal (syibran)’(yakni dari separoh betis). Ummu Salamah menjawab,’Kalau begitu, kaki-kaki mereka akan tersingkap.’ Lalu Nabi menjawab,’Hendaklah mereka mengulurkannya sehasta (fa yurkhiina dzira`an) dan jangan mereka menambah lagi dari itu.” (HR. At-Tirmidzi Juz III, hal. 47; hadits sahih) (Al-Albani, 2001 : 89)

Hadits di atas dengan jelas menunjukkan bahwa pada masa Nabi SAW, pakaian luar yang dikenakan wanita di atas pakaian rumah –yaitu jilbab– telah diulurkan sampai ke bawah hingga menutupi kedua kaki.

Berarti jilbab adalah terusan, bukan potongan. Sebab kalau potongan, tidak bisa terulur sampai bawah. Atau dengan kata lain, dengan pakaian potongan seorang wanita muslimah dianggap belum melaksanakan perintah “yudniina ‘alaihinna min jalaabibihina” (Hendaklah mereka mengulurkan jilbab-jilbabnya). Di samping itu kata min dalam ayat tersebut bukan min lit tab’idh (yang menunjukkan arti sebagian) tapi merupakan min lil bayan (menunjukkan penjelasan jenis). Jadi artinya bukanlah “Hendaklah mereka mengulurkan sebagian jilbab-jilbab mereka” (sehingga boleh potongan), melainkan Hendaklah mereka mengulurkan jilbab-jilbab mereka (sehingga jilbab harus terusan).(An-Nabhani, 1990 : 45-51)
3. Penutup

Dari penjelasan di atas jelas bahwa wanita dalam kehidupan umum wajib mengenakan baju terusan yang longgar yang terulur sampai ke bawah yang dikenakan di atas baju rumah mereka. Itulah yang disebut dengan jilbab dalam Al Qur`an.

Jika seorang wanita muslimah keluar rumah tanpa mengenakan jilbab seperti itu, dia telah berdosa, meskipun dia sudah menutup auratnya. Sebab mengenakan baju yang longgar yang terulur sampai bawah adalah fardlu hukumnya. Dan setiap pelanggaran terhadap yang fardlu dengan sendirinya adalah suatu penyimpangan dari syariat Islam di mana pelakunya dipandang berdosa di sisi Allah. [ ]

Rabu, 19 Januari 2011

apakah KEKuatan unik anda?

Apa yang terbayang di benak anda tentang kura-kura? Sebagian orang akan terbayang dengan kelambatannya. Apa yang terbayang di benak anda tentang kuda? Betul, sebagian dari anda mungkin menjawab cepat.

Kalau seandainya ada lomba cepat antara kura-kura dan kuda, siapa yang sekiranya akan mencapai garis finish sebagai pemenang? Apa jawaban anda? Mana yang benar? Saya tanyakan ini di peserta training, sebagian menjawab kuda yang jadi pemenangnya, sebagian lagi kura-kura yang jadi pemenangnya dengan segala trik.

Persepsi kita sering menjebak sehingga kita yakin bahwa kita berada pada dunia yang tunggal. Seolah-olah seluruh mahluk berada pada wilayah sebagaimana yang kita tinggali, daratan. Sehingga wajar bila kita langsung menjawab, kuda yang menjadi pemenang adu kecepatan. Padahal, adu kecepatan diadakan di laut. Kalau begini, siapa yang akan jadi pemenang?

Sebagian besar orang ibarat kura-kura yang ingin menjadi kuda, berlatih lari agar bisa secepat kuda, melakukan operasi agar punya kaki sepanjang kuda. Seolah-olah berlari dari bayang-bayang diri sendiri. Sebagian lagi merasa minder dan merasa tidak layak tampil di pentas kehidupan. Jadi tenggelam dalam keseharian atau mengikuti kebiasaan dan rutinitas.

Setiap mahluk dianugerahi kekuatan unik oleh sang pencipta. Sayangnya, anugerah itu seringkali tertutup karena kita lebih sering memandang sisi kelemahan diri dan orang lain. Kita seringkali berusaha meniru orang lain atau terbawa oleh situasi sehingga mengabaikan kekuatan diri.

The Dancing Leader menerima kekuatan unik dirinya sebagaimana mereka menerima kelemahan dirinya. The Dancing Leader fokus pada kekuatan uniknya dan terus berusaha mengembangannya pada peran-peran yang sesuai. The Dancing Leader memijarkan kekuatan unik ke sekitarnya

Tanyakan pada diri sendiri dan rekan anda, “Apa kekuatan unik anda? Apa yang telah anda lakukan untuk mengasah dan memijarkan kekuatan unik itu?”

CaRA BERmain giTar

Gitar atau guitar adalah alat musik yang asik untuk dimainkan, dan tak jarang pula orang yang bukan musisi sekalipun mengerti memainkan alat musik ini. Bagi yang pengen bermain gitar tapi sampai saat ini belum bisa mewujudkan keinginannya tersebut, maka banyak cara yang bisa dipelajari untuk dapat bermain gitar dengan baik.

Cara bermain gitar bagi pemula adalah dimulai dengan pengenalan kunci antara mayor dan minor, dan kemudian setelah mengenal kunci-kunci tadi, maka selanjutnya yang harus diketahui adalah menggabungkan antara kunci yang satu dengan kunci yang lain, sehingga akan menjadi suatu nada yang enak untuk didengarkan.

Kunci dasar gitar terdiri dari A sampai G dan dari masing-masing kunci dasar itu memiliki kunci lain yang namanya disebut dengan minor.

Bila dijumlahkan secara keseluruhan kunci gitar ada banyak sekali, namun pagi yang ingin belajar gita pemula sebaiknya kunci yang harus diketahui adalah kunci dasar saja terlebih dahulu.

Penjelasan lengkap tentang cara main gitar dapat anda ikuti dan pelajari melalui sebuah forum musik di internet, adapun forum yang dimaksud adalah forum http://musisi.com/forumdisplay.php?f=1 dan dari sana akan dijelaskan cara-cara bermain gitar, mulai dari dasar sampai tahap mahir.

PENYEBAB DINOSAURUS PUNAH

Dinosaurus terhapus dari muka bumi secara tiba-tiba bukan karena serangan komet. Ilmuwan mengklaim dinosaurus punah karena iklim, seperti yang terjadi pada saat ini.
Peneliti mempelajari fosil di Norwegia dan menemukan bahwa temperatur air laur turun dengan sangat cepat dari 13 derajat celcius ke 4 derajat celcius sekitar 137 juta tahun lalu.

Mereka percaya hal tersebut disebabkan oleh perubahan tiba-tiba di aliran teluk Atlantik, sebuah fenomena yang ditakutkan oleh banyak ilmuwan akan terjadi lagi.

Temperatur turun selama periode Cretaceous yang menyapu hampir sebagian besar kehidupan dunia dinosaurus. Ilmuwan yang berada di belakang studi mengejutkan tersebut mengklaim bahwa ada kejadian besar yang dialami dinosaurus yang akhirnya menuntun menuju kepunahan.
Beberapa ahli terdahulu percaya bahwa makhluk tersebut terhapus karena satu peristiwa cataclysmic pada 65 juta tahun lalu, seperti sebuah meteor besar yang menghantam bumi. Tetapi riset terbaru memberikan petunjuk bahwa dinosaurus punah karena serangkaian perubahan lingkungan, dimulai dengan penurunan temperatur lautan.
Studi tersebut dilakukan oleh tim ilmuwan, dipimpin oleh Dr Gregory Price dari Universitas Plymouth, yang memeriksa fosil dan mineral dari Arctic Svalbard di Norwegia.
Dr Price menemukan bahwa penurunan temperatur sangat ekstrim yang menyebabkan sejumlah besar spesies dinosaurus sebelumnya hidup di laut hangat, dangkal, dataran dan rawa akhirnya mati.
Dia mengatakan bahwa riset tim menunjukkan penurunan temperatur terjadi ketika bumi dalam iklim rumah kaca, serupa dengan kondisi saat ini.
Penurunan temperatur disebabkan oleh perubahan sirkulasi laut, persis apa yang terjadi di Gulf Stream. Dalam periode Cretaceous, Atlantik lebih dangkal tetapi fiturnya sama yakni mengalir ke utara, jika hal tersebut terjadi maka hasilnya pelelehan gunung es yang akhirnya penurunan tiba-tiba temperatur bumi, ujarnya.
Kami percaya dinosaurus yang makhluk berdarah dingin membutuhkan kehangatan untuk menjaga mereka tetap hidup. Jika mereka dahulu tidak bermigrasi ke selatan, maka mereka terhapus. Perubahan iklim saat ini juga menjadi pembahasan agenda yang coba menentukan bagaimana dinosaurus bisa punah, imbuh Price.
Price dan timnya percaya bahwa dinosaurus mati secara bertahap dan sangat mungkin jika disebabkan oleh rangkaian perubahan iklim. Penurunan temperatus diperkirakan terjadi karena level yang tinggi dari karbondioksida (CO2) yang ada di atmosfer. Temperatur global meningkat dan kutub es akhirnya meleleh, sebuah fenomena yang diprediksi berulang di bumi. Ilmuwan telah memperingatkan bahwa Eropa bisa saja masuk ke dalam zaman es kembali.
Dr Price telah mengunjungi Svalbard sejak tahun 2005, mengumpulkan fosil dan sampel dari area yang menjadi ladang penemuan paleontologis, termasuk reptil laut raksasa semacam pliosaurs dan icthyosaurs.

Senin, 17 Januari 2011

SEJARAH KARATE

Ilmu bela diri sebenarnya sudah dikenal semenjak manusia ada, hal ini dapat dilihat dari peninggalan-peninggalan purbakala antara lain: kapak-kapak batu, lukisan-lukisan binatang yang dibunuh dengan senjata seperti tombak dan panah.

Bela diri pada waktu itu hanya bersifat mempertahankan diri dari gangguan binatang buas dan alam sekitarnya. Namun sejak pertambahan penduduk dunia semakin meningkat, maka gangguan yang datang dari manusia mulai timbul sehingga keinginan orang untuk menekuni ilmu bela diri semakin meningkat.

Tersebutlah pada 4.000 tahun yang lalu, setelah Sidartha Gautama pendiri Budha wafat, maka para pengikutnya mendapat amanat agar mengembangkan agama Budha keseluruh dunia. Namun karena sulitnya medan yang dilalui, maka para pendeta diberikan bekal ilmu bela diri. Misi yang ke arah Barat ternyata mengembangkan ilmu Pangkration atau Wrestling di Yunani. Misi keagamaan yang berangkat ke arah Selatan mengembangkan semacam, pencak silat yang kita kenal sekarang ini. Salah satu misi yang ke Utara menjelajahi Cina menghasilkan kungfu (belakangan di abad XII, kungfu dibawa oleh pedagang Cina dan Kubilaikhan kenegara Majapahit di Jawa Timur).

Dari Cina rombongan yang ke Korea menghasilkan bela diri yang kemudian kita kenal dengan Taekwondo. Dari Korea ternyata rombongan tidak dsapat meneruskan perjalanan ke Jepang, tetapi berhenti hanya sampai di kepulauan Okinawa. Tidak berhasil masuknya rombongan ke Jepang, karena di Jepang saat itu sudah mengembangkan ilmu bela diri Jujitsu, yudo, kendo dan ilmu pedang (kenjutsu). Namun sejarah mencatat bahwa pada tahun 1600-an, Kerajaan Jepang telah menguasai Okinawa. Kerajaan Jepang telah memerintah Okinawa dengan tangan besi, penduduk dilarang memiliki senjata tajam, bahkan orang tua dilarang memakai tongkat. Diam-diam bangsa yang terjajah ini mempelajari ilmu bela diri dengan tangan kosong yang waktu itu dikenal dengan nama TOTE. Dari satu teknik ke teknik lainnya, ilmu bela diri diperdalam dan para pendeta ikut mendorong berkembangnya ilmu bela diri TOTE ini.

Kemudian pada tahun 1921 seorang penduduk Okinawa bernama Gichin Funakoshi memperkenalkan ilmu bela diri dari TOTE ini di Jepang, dan namanya pun berubah menjadi karatre, sesuai dengan aksen Jepang dalam cara membaca huruf kanji. Sejak saat itu karate berkembang dengan pesat di Jepang.
KARATE DI INDONESIA

Karate masuk di Indonesia bukan dibawa oleh tentara Jepang melainkan oleh Mahasiswa-mahasiswa Indonesia yang kembakli ke tanah air, setelah menyelesaikan pendidikannya di Jepang. Tahun 1963 beberapa Mahasiswa Indonesia antara lain: Baud AD Adikusumo, Karianto Djojonegoro, Mochtar Ruskan dan Ottoman Noh mendirikan Dojo di Jakarta. Mereka inilah yang mula-mula memperkenalkan karate (aliran Shoto-kan) di Indonesia, dan selanjutnya mereka membentuk wadah yang mereka namakan Persatuan Olahraga Karate Indonesia (PORKI) yang diresmikan tanggal 10 Maret 1964 di Jakarta.

Beberapa tahun kemudian berdatangan ex Mahasiswa Indonesia dari Jepang seperti Setyo Haryono (pendiri Gojukai), Anton Lesiangi, Sabeth Muchsin dan Chairul Taman yang turut mengembangkan karate di tanah air. Disamping ex Mahasiswa-mahasiswa tersebut di atas orang-orang Jepang yang datang ke Indonesia dalam rangka usaha telah pula ikut memberikan warna bagi perkembangan karate di Indonesia. Mereka-mereka ini antara lain: Matsusaki (Kushinryu-1966), Ishi (Gojuryu-1969), Hayashi (Shitoryu-1971) dan Oyama (Kyokushinkai-1967)

Karate ternyata memperoleh banyak penggemar, yang implementasinya terlihat muncul dari berbagai macam organisasi (Pengurus) karate, dengan berbagai aliran seperti yang dianut oleh masing-masing pendiri perguruan. Banyaknya perguruan karate dengan berbagai aliran menyebabkan terjadinya ketidak cocokan diantara para tokoh tersebut, sehingga menimbulkan perpecahan di dalam tubuh PORKI. Namun akhirnya dengan adanya kesepakatan dari para tokoh-tokoh karate untuk kembali bersatu dalam upaya mengembangkan karate di tanah air sehingga pada tahun 1972 hasil Kongres ke IV PORKI, terbentuklah satu wadah organisasi karate yang diberi nama Federasi Olahraga Karate-Do Indonesia (FORKI).

Sejak FORKI berdiri sampai dengan saat ini kepengurusan di tingkat Pusat yang dikenal dengan nama Pengurus Besar (PB). telah dipimpin oleh tujuh orang Ketua Umum dan periodisasi kepengurusannyapun mengalama tiga kali perobahan masa periodisasi yaitu ; periode lima tahun (ditetapkan pada Kongres tahun 1972 untuk kepengurusan periode tahun 1972 – 1977) periodisasi tiga tahun (ditetapkan pada kongres tahun 1997 untuk kepengurusan periode tahun 1997 - 1980) dan periodisasi empat tahun ( Berlaku sejak kongres tahun 1980 sampai sekarang).
Adapun mereka-mereka yang pernah menjadi Ketua Umum dan Sekretaris Jenderal (Umum) FORKI sejak tahun 1972 adalah sbb :
Periode/Masa Bakti

Ketua Umum

Sekretaris Jenderal/Umum

Keterangan
1972 - 1977

Widjojo Suyono

Otoman Nuh

Kongres IV PORKI/FORKI 1972 di Jakarta
1977 - 1980

S u m a d i

Rustam Ibrahim

Kongres V FORKI 1977 di Jakarta
1980 - 1984

Subhan Djajaatmadja

G.A. Pesik

Kongres VI FORKI 1980 di Jakarta
1984 - 1988

R u d i n i

Adam Saleh

Kongres VII FORKI 1984 di Bandar Lampung
1988 - 1992

R u d i n i

G.A. Pesik

Kongres VIII FORKI 1988 di Jakarta
1992 - 1996

R u d i n i

G.A. Pesik

Kongres IX 1992 di Jakarta (Diperpanjang sd 1997)
1997 - 2001

W i r a n t o

Drs. Hendardji -S,SH.

Kongres X FORKI 1997 di Caringin Bogor Jawa Barat
2001 - 2005

Luhut B. Pandjaitan, MPA.

Drs. Hendardji -S,SH.

Konres XI FORKI 2001 di Jakarta
2005 - 2009

Luhut B. Pandjaitan, MPA.

Drs. Hendardji -S,SH.

Kongres XII FORKI 2005 di Jakarta
2010 - 2014

Drs. H. Hendardji Soepandji, SH

Lumban Sianipar, SIP., MSc

Kongre XIII FORKI 2010 di Jakarta
PERGURUAN KARATE ANGGOTA FORKI:

1. AMURA

2. BKC (Bandung Karate Club)

3. BLACK PANTHER KARATE INDONESIA

4. FUNAKOSHI

5. GABDIKA SHITORYU INDONESIA (Gabungan Beladiri Karate-Do Shitoryu)

6. GOJUKAI (Gojuryu Karate-Do Indonesia)

7. GOJU RYU ASS (Gojuryu Association)

8. GOKASI (Gojuryu Karate-Do Shinbukan Seluruh Indonesia)

9. INKADO (Indonesia Karate-Do)10. INKAI (Institut Karate-Do Indonesia)

11. INKANAS (Intitut Karate-Do Nasional)

12. KALA HITAM

13. KANDAGA PRANA

14. KEI SHIN KAN

15. KKNSI (Kesatuan Karate-Do Naga Sakti Indonesia)

16. KKI (Kushin Ryu M. Karate-Do Indonesia)

17. KYOKUSHINKAI (Kyokushinkai Karate-Do Indonesia)

18. LEMKARI (Lembaga Karate-Do Indonesia)

19. SHOTOKAI

20. PORBIKAWA

21. PORDIBYA

22. SHINDOKA

23. SHI ROI TE

24. TAKO INDONESIA

25. WADOKAI (Wadoryu Karate-Do Indonesia)

PB. FORKI beberapa kali mendapat kepercayaan menyelenggarakan even Internasional diantaranya :

1. Menjadi tuan rumah APUKO II tahun 1976 dilaksanakan di Jakarta.

2. Menjadi tuan rumah APUKO VII tahun 1987 dilaksanakan di Jakarta.

3. Menjadi tuan rumah APUKO Junior tahun 1991 dilaksanakan di Jakarta.

Di samping even-even tersebut PB. FORKI dipercayakan juga oleh KONI Pusat sebagai penyelenggara pertandingan karate pada even Sea Games dimana Indonesia menjadi tuan rumah yaitu masing-masing :

1. Sea Games XIV tahun 1987 di Jakarta.2. Sea Games XIX tahun 1997 di Jakarta.

PB. FORKI pernah menggelar even Internasional di luar agenda resmi dari WKF dan AKF sebagai inisiatif sendiri dari PB. FORKI yaitu “ Indonesia Open Karate Tournamen “ yang dilaksanakan di Jakarta tahun 2002, dan The 2nd Indonesia Open Karate Championship 2010 di Denpasar, Bali.

KARATE



Karate-do merupakan sebuah seni beladiri yang aslinya berasal dari daerah Okinawa, kemudian dimodifikasi dan diubah menjadi suatu jalan kehidupan (way of life) oleh Gichin Funakoshi. Sebelum perubahan ini, karate-do hanyalah merupakan suatu teknik beladiri tanpa senjata dengan hanya mengandalkan tangan dan kaki saja. Meskipun ada beberapa pengaruh dari beladiri China, pengembangan karate-do sangat khas Okinawa dan tentu Jepang. Tuan Funakoshi, dipengaruhi oleh beladiri tradisional dari kepulauan Jepang, seperti kyudo, kendo, dan judo. Ia memodifiksi karate sampai suatu saat disebut sebagai Karate-jutsu, sebuah seni bertarung yang menekankan pada aspek filosofinya, cara ini harus dipelajari sepanjang kehidupan sehari-hari oleh seorang murid karate.hal inilah yang menyebabkan karate disebut sebagai Jalan Kehidupan:Karate-do (do, berarti jalan). Gichin Funakoshi, selanjutnya, menggabungkan teknik Karate dengan Budo tradisional, memasukan intisari dari Budo ke dalam hati Karate -- suatu jalan seni beladiri yang nyata.

Kata Budo dibentuk oleh dua karakter China, bu terdiri dari dua simbol, yang satu artinya menghentikan, yang didalamnya menggambarkan dua senjata, yang artinya menghentikan perselisihan. Menurut kata Funakoshi sendiri: "Sejak Karate merupakan budo, pengertian ini harus diputuskan secara mendalam dan pukulan sebaiknya tidak digunakan secara sembarangan."

Kata karate juga dibentuk oleh dua karakter, yang pertama adalah kara (kosong) dan lainnya te (tangan). Kata kosong berarti teknik beladiri Karate tidak memerlukan senjata, hanya menggunakan anggota badan seperti tangan dan kaki sebagai pengganti senjata.

Cara Menjaga Kesehatan Otak Alat Berpikir Kita Tetap Konsentrasi Penuh, Sehat Dan Segar Selalu.

Otak adalah tempat di mana kita menyimpan berbagai memori atau ingatan hidup kita serta merupakan alat berpikir yang jauh lebih baik daripada otak binatang. Kita bisa menghapal lagu, mengingat cinta masa lalu yang indah, melamun yang tidak-tidak, berkonsentrasi mengerjakan soal ulangan, dan lain-lain semua melibatkan otak.

Karena otak adalah salah satu organ vital yang ada pada tubuh kita, maka sudah selayaknya kita menjaga dan merawat otak agar tidak tekor dan error. Otak yang eror bisa membuat orang menjadi gila, camen atau cacat mental, kurang waras, halusinasi, paranoid, dan lain sebagainya.

Berikut ini adalah tips cara menjaga dan merawat kesehatan otak manusia dari website organisasi.org tercinta :

1. Tidak Mengkonsumsi Narkoba dan Rokok

Dengan gemar merokok atau memakai narkoba otak akan rusak dan kehilangan fungsi-fungsinya. Selain itu otak jadi rentan terserang berbagai penyakit mulai dari yang ringan hingga yang berat. Ada perokok berat yang apabila tidak merokok maka dia tidak dapat berpikir dengan baik, namun semua itu hanya omong kosong yang merupakan sugesti saja. Hati-hati dan waspada pula dengan zat adiktif dan zat aditif yang dapat merusak otak kita.2. Kurang Tidur Dan Mengistirahatkan Otak

2. Kurang Tidur Dan Mengistirahatkan Otak

Otak kita butuh istirahat yang cukup setelah seharian melakukan aktivitas baik yang ringan maupun yang berat. Sebaiknya jangan terlalu banyak berpikir yang berat-berat yang membutuhkan konsentrasi dan daya kerja otak yang maksimal. Istirahat otak bisa dengan melakukan sesuatu yang rileks seperti tidur-tiduran, dengan musik ringan, ngobrol sama teman dekat, nonton film komedi, dsb. Dengan tidur yang cukup selama 6 sampai 8 jam, maka otak akan dapat digunakan dengan maksimal.

3. Pola Makan Yang Salah Dan Tidak Sehat

Makanlah makanan yang bergizi dan cukup karena otak manusia membutuhkan suplai nutrisi yang cukup untuk melakukan pekerjaan dan untuk tumbuh berkembang. Biasakanlah sarapan setiap pagi dengan makanan yang tidak terlalu berat tetapi cukup gizinya. Jangan terlalu banyak makan sehingga kegemukan yang dapat menyumbat pembuluh otak. Konsumsi gula pun jangan terlalu berlebihan agar tidak menghalangi penyerapan protein dan gizi pada tubuh kita.

4. Kekurangan Oksigen dan Pencemaran Polusi Udara

Otak membutuhkan oksigen yang cukup untuk beraktivitas secara optimal. Hindari tempat-tempat yang memiliki polusi yang tinggi serta tempat yang tercemat udara atau asap beracun. Gunakan masker bila lama melakukan aktivitas di tempat berpolusi atau berasap namun jangan terlalu lama ditutup agar kita tidak keracunan karbondioksida. Perbaiki sirkulasi udara atau ventilasi udara jika ruangan yang ada terasa pengap dan sumpek.

5. Hindari Berpikir Terlalu Keras

Orang yang stres atau depresi biasanya otak dipakai terus-menerus memikirkan sesuatu yang tidak ada pangkal ujungnya sehingga badan pun akan terkena efek dampak negetifnya menjadi sakit. Bila anda stress / depresi sebaiknya langsung curhat atau melakukan bimbingan konseling dengan orang yang dapat dipercaya agar kita mendapat solusi / jalan keluar masalah tersebut atau minimal meringankan beban pikiran kita. Jika sedang sakit jangan banyak berpikir agar cepat sembuh.

6. Otak Tumpul / Tepo Karena Jarang Dipakai
Jika anda tidak mau punya masalah dengan lemah otak alias lemot, maka anda harus melatih otak kita dengan sering menggunakannya untuk berpikir yang merangsang stimulasi otak seperti dengan belajar, berpikir kritis, berdebat, bermain game puzzle, bermain musik, dan lain sebagainya. Jika jarang dipakai, otak pun akan lemah dan menyusut sehingga akhirnya kita jadi orang lemot dan tulalit tidak nyambung jika diajak bicara.

7. Lindungi Dan Jaga Kepala Dari Benturan Atau Cedera
Memang kenyataan di lapangan cukup konyol di mana banyak orang yang lalu lalang di jalan raya menggunakan sepeda motor tanpa menggunakan pelindung kepala helm untuk melindungi kepala dari benturan saat tabrakan atau jatuh. Banyak orang yang mati atau gegar otak karena persoalan sepele tersebut. Anak-anak atau remaja pemuda tanggung terkadang sangat senang berperilaku bodoh di depan umum dengan melakukan tawuran masal walaupun tujuan awalnya hanya untuk terlihat keren di depan teman-teman bejadnya. Kepala mereka dan orang lain di sekitarnya bisa cedera karena lemparan batu dan benda-benda keras lainnya. Benturan keras di kepala bisa merusak otak kita, oleh karena itu lindungi selalu kepala kita dari benturan.

Minggu, 16 Januari 2011

CITA-CITA

Adalah suatu keinginan seseorang akan menjadi apa jika mereka besar nanti.setiap orang pasti mempunyai citi-cita.Hampir tidak ada seorangpun di dunia ini yang tidak mempunyai cita-cita.Cita-cita membuat kita berusaha bagaimana caranya agar kita dapat meraih cita-cita tersebut.oleh karena itu,cita-cita juga sebagai pendorong/penyemangat kita dalam menjalani kehidupan ini.
Jika seseorang tidak mempunyai citi-cita,maka ia pasti akan bingung dalam menjalani kehidupan.Mereka akan sulit menentukan apa yang ingin mereka lakukan,dan apa yang harus mereka lakukan untuk kebaikan mereka.Dan tidak ada penyemangat (support) untuk melakukan Sesuatu.
Cita-cita tidak mudah untuk di gapai.Kita tidak bisa menggapai cita-cita kita hanya dengan berdiam diri atau dengan tidak melakukan sesuatu.Untuk menggapai cita-cita,kita perlu pengorbanan yang besar.Dan yang paling utama adalah berusaha dan slalu berdo’a kepada Allah swt.Karna kunci dari suatu keberhasilan adalah usaha dan do’a.

PERANGKAT KERAS KOMPUTER



Perangkat keras komputer (Inggris: hardware) adalah semua bagian fisik komputer, dan dibedakan dengan data yang berada di dalamnya atau yang beroperasi di dalamnya, dan dibedakan dengan perangkat lunak (software) yang menyediakan instruksi untuk perangkat keras dalam menyelesaikan tugasnya.
Komputer pada umumnya adalah komputer pribadi, (PC) dalam bentuk desktop atau menara kotak yang terdiri dari bagian berikut:
Sebagai tambahan, perangkat keras dapat memasukan komponen luar lainnya. Di bawah ini merupakan komponen standar atau yang umum digunakan.

Manfaat Teknologi Informasi Dan Perkembangannya

Sejarah
• Pada awal sejarah, manusia bertukar informasi melalui bahasa. Bahasa memungkinkan seseorang memahami informasi yang disampaikan oleh orang lain. Tetapi bahasa yang disampaikan dari mulut ke mulut hanya bertahan sebentar saja.
• Setelah itu teknologi penyampaian informasi berkembang melalui gambar. Dengan gambar jangkauan informasi bisa lebih jauh.
• Kemudian ditemukan alfabet dan angka arabik memudahkan cara penyampaian informasi yang lebih efisien dari cara yang sebelumnya. Suatu gambar yang mewakili suatu peristiwa dibuat dengan kombinasi alfabet, atau dengan penulisan angka.
• Dan saat ini, teknologi informasi yang ada adalah teknologi elektronik seperti radio, tv, komputer mengakibatkan informasi menjadi lebih cepat tersebar di area yang lebih luas dan lebih lama tersimpan.

Pengertian
Teknologi Informasi adalah suatu teknologi yang digunakan untuk mengolah data untuk menghasilkan informasi.

Teknologi informasi banyak berperan dalam bidang-bidang antara lain :
• Bidang Pendidikan
• Bidang Ekonomi
• Bidang Pemerintahan

MANFAAT DI BIDANG PENDIDIKAN
• E-Learning, berkembangnya pendidikan terbuka dengan modus belajar jarak jauh (Distance Learning).
• Sharing resource bersama antar lembaga pendidikan / latihan dalam sebuah jaringan
• E-Library, Perpustakaan Digital
• Penggunaan perangkat teknologi informasi interaktif, seperti CD-ROM Multimedia, dalam pendidikan secara bertahap menggantikan TV dan Video.
 Manfaat Di Bidang Ekonomi
• E-Banking, transaksi perbankan
secara online.
• E-Commerce, perdagangan menggunakan jaringan komunikasi internet.
• Enterprice Resource Planning (ERP), aplikasi perangkat lunak yang mencakup sistem manajemen dalam perusahaan.

Manfaat Dalam Bidang Pemerintahan
• E-government adalah penggunaan teknologi informasi yang dapat meningkatkan hubungan antara pemerintah dan pihak-pihak lain. Penggunaan teknologi informasi ini kemudian menghasilkan hubungan bentuk baru seperti:
1. G2C (Governmet to Citizen)
2. G2B (Government to Business)
3. G2G (Government to Government)

Undang-undang Mengenai Tekhologi Informasi UU ITE

UNDANG-UNDANG INFORMASI DAN TRANSAKSI ELEKTRONIK
termuat pada pasal 27-37, sedangkan Ketentan Pidana pada pasal 45-52. Pidana dapat berupa pidana penjara dan atau denda.

Dampak Perkembangan Tekhnologi Informasi
Dampak Positif :
1. Lebih cepat, pertukaran informasi lebih cepat hanya dalam hitungan detik
2. Lebih efisien
3. Lebih luas sebarannya, dapat mencakup seluruh penjuru dunia
4. Lebih lama penyimpanannya, dapat disimpan dalam bentuk cd, flashdisk atau hardisk. Dan tidak menghabiskan tempat
5. Hemat biaya, mengurangi penggunaan kertas dan jasa pengiriman dokumen

Dampak Negatif :
1. Kesempatan Kerja Makin Sempit
2. Berubahnya pola industrialisasi dunia
3. Tekanan-tekanan ekonomi dari negara maju
4. Penyalahgunaan seperti pornografi, pembajakan, atau perjudian.



zodiak tahun 2011

Capricorn (21 Des – 19 jan)
Penginnya sih membuka lembaran baru.Tapi bayangan masa lalu masih terus menghantui. Sabar aja ia, , , .Couple : pilih salah satu aja.kalo kamu emank gak benar-benar sayang do’I,omongin aja terus terang biar hati pLOonk. . . Jomblo : jangan bingung memilih siapa yang akan kamu suka.nikmati aja.mate :sobatan makin kompak aja.pertahanin ia. . .

Aquarius (20 Jan-12 Feb)
Semangat. . .! kita harus terus semangat dalam menjalani pekerjaan kita.Kalo kita sabar,pasti kepetik deh hasilnya.ini hanya untuk sementara aja kok.couple: jangan memaksakan kehendak.gak baik buat hubungan tao. . .Jomblo: wuidih. . .ada yang suka ma someone nih. . . .mate: sekali-kali gabung ma temen gak pa-pa kan?mereka kangen tuh. . .

Pisces (19 Feb-20 Maret)
Kamu memang orang yg pekerja keras.Meski banyak orang yg ngomong ini-itu,tapi kamu tetep gak menghiraukan mereka.couple: mantan minta balik.pikirin dulu matang-matang.salah-salah ntar sakit hati lagi.Jomblo: jangan iri kalo kamu belum punya pacar. . .ntar ada waktunya kok.mate:jangan coba-coba memanfaatkan teman. ..

Aries (21 Maret-20 April)
Jangan ke GR_an dulu dibilang cakep. . .hati-hati.mereka gak tulus tuh. . .couple: cie. . .cie. . .hm. .hm. . (jadi pengen batuk).jomblo:jangan pilah-pilih (cowo/cewe) ah.ntu sebabnya kamu gak punya pacar sampe skarang.cup.cup.cup.mate:kompak terus. . . .!!!

Taurus (21 April-20 Mei)
Kamu makin sombong aja. ...ntu pikiran tmen-tmen kamu.perubahan sih fine-fine aja.tapi bukan berarti nglupain tmen-tmen yg sayang ma kamu kan? Couple: pacar membawa sisi negative ke kamu akhir-akhir ini.tapi kalo do’I emank sayang ma kamu pasti gak bakal buat kamu jatuh.tenang aja.Jomblo: kalo suka,kenapa harus malu?mate:sahabat k amu merasa gak kenal kamu ‘n kehilangan kamu.

Gemini (21 Mei-20 Juni)
Banyak hal mengejutkan yg kamu baru tahu akhir-akhir ini.couple:jalani aja.tapi jangan terlalu serius sampe-sampe ganggu school kamu.Jomblo:do’I sebenarnya suka ma kamu.tapi malu nyata’innya.Mate:kalo mank kamu ngrasa sahabatnya,jangan ulangin kesalahan ntu lagi ya. .dia sakit sekali kamu khianati.Ada tmen yg bener-benar care sama kamu.dia satu profesi sama kamu lho.

Cancer (21 Juni-21 Juli)
Sekali-kali nyenengin orTu gak ada salahnya kan? orTu pengen banget kamu lulus dengan nilai yang baik.jangan kecewakan mereka ia?Couple:pacar lagi gak suka di ganggu nih.Jomblo:bagus tuh pemikiranmu.gak sah terpengaruh mereka.mate:jangan ngrasa kamu gak pantes berteman dengan mereka.mereka menerima kamu apa adanya kok.

Leo (21 Juli-20 Agus)
Luangkan waktu buat belajar d0onk…10 menit aja.biar prestasi kamu gak anjlok.masa ngandalin jurus nyontek.bukan kamu banget deh. couple:sama do’I jangan suka nyuruh-nyuruh gitu ah.kasian kan? Jomblo:jangan terlalu ngejar-ngejar dia gitu banget ah.dia sebenarnya suka ma kamu tuh…tapi geli kalo kamu kaya gitu sikapnya.mate:kalo pengin disenengi sama temen yang satu itu,kamu harus nyenengin dia lebih dulu.

Virgo (21 Agus-22 Sep)
Ada temen yg bikin kamu nyaman ngomong ma dia.dia orangnya baik ‘n tulus jadi temen kamu.main sama dia kamu bisa jadi tambah pinter lho. .couple:sikap do’I yang lebai nunjukin sayangnya,bikin kamu risih.’n orTu gak suka kalo do’I main malem-malem.Jomblo:orang dari masa lalu gak bisa nglupain kamu.mate:jangan berantem gitu doOnk.

Libra (23 Sep-22 Okt)
Kamu tau Semua orang pasti punya kekurangan.begitu pula kamu.tapi kamu ntu salah satu orang yang beruntung tau.Couple:kalo gak sreg jangan dipaksain.Jomblo:setia banget nunggunya.mate:semua sayang ma kamu.

Scorpio (23 Okt-22 Nov)
Sekarang kamu sedang gemar ngrubah penampilan kamu ia? tapi,ada yang suka banget sama penampilan kamu yang dulu tuh.oia ada yang lagi cemburu nih. . .tenang, , ,dia cuman ngefans ma cowo ntu kok.ngefans bukan berarti suka kan?Couple:kalo kamu nyaman kenapa nggak? Jomblo:sebenarnya dia suka ma kamu sejak dari dulu tuh.dia sering kecewa gara-gara kamu.jangan plin-plan gitu.mate:teman lama di kemana_in?


Sagitarius (23 Nov-20 Des)
Selalu banyak pilihan.Couple:lagi indah-indahnya nih.Jomblo:hayo,jangan liatin dia terus.Guru tau tuh kamu suka dia.mate:akur banget sih.